acara     September 23, 2019

Desa Bakti untuk Negeri 2: Kolaborasi PT SMI & Masyarakat Wujudkan Manfaat Nyata di Waesano, Nusa Tenggara Timur

Indonesia adalah salah satu sumber energi panas bumi (geothermal) terbaik yang salah satunya berada di Desa Waesano Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Desa ini memiliki danau vulkanik yang berpotensi menyalurkan listrik sebesar 50 MW melalui geothermal. Potensi ini tidak disiakan Pemerintah untuk memberikan manfaat nyata bagi rakyat luas dengan tersedianya listrik. Oleh karena itu, Kementerian Keuangan memandatkan salah satu Special Mission Vehicles-nya untuk mengumpulkan data & mengeksplorasi kandungan energi bersih tersebut.

Dalam menjalankan mandat tersebut, PT SMI senantiasa melibatkan peran aktif masyarakat & pemuka adat, termasuk dalam penerapan Perlindungan Lingkungan & Sosial (Environmental and Social Safeguard – ESS). Hal tersebut diwujudkan melalui program Desa Bakti untuk Negeri 2 (DBUN 2) – yang sebelumnya (DBUN 1) dilaksanakan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah – menekankan pelibatan masyarakat secara aktif serta diselaraskan dengan kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah. DBUN 2 yang telah diresmikan oleh Direktur PT SMI Darwin Trisnadjajawinata (19/09) & juga didukung oleh Pemkab Manggarai Barat ini melingkupi 2 kegiatan: pekerjaan fisik & pengembangan serta peningkatan ekonomi masyarakat.

DBUN 2 diharapkan dapat mendukung terciptanya manfaat pada lingkungan, sosial, infrastruktur daerah, pendidikan & peningkatan ekonomi masyarakat – untuk saat ini dan masa mendatang.

Related Posts