acara     December 30, 2020

Penandatanganan Perjanjian Pelaksanaan Investasi Pemerintah Dalam Rangka Program PEN kepada PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk

Di penghujung akhir tahun 2020, PT SMI telah menuntaskan mandat yang diberikan oleh Pemerintah Pusat dalam melaksanakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) kepada tiga BUMN yang mengalami pelemahan akibat pandemi Covid-19.

PT SMI merealisasikan Investasi Pemerintah dalam rangka program PEN kepada dua BUMN yaitu PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melalui Penandatanganan Perjanjian Penerbitan Obligasi Wajib Konversi (OWK) yang dilakukan oleh Direktur Operasional dan Keuangan PT SMI – Darwin Trisna Djajawinata (bertindak selaku kuasa Direktur Utama PT SMI), Direktur Utama PT KRAS – Silmy Karim, dan Direktur Utama PT GIAA – Irfan Setiaputra, di Kantor DJKN Kementerian Keuangan (28/12). Sebelumnya, pada tanggal (30/11) PT SMI telah merealisasikan penyaluran IP PEN kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) senilai Rp3,5 triliun.

Penyaluran investasi yang diberikan kepada PT GIAA senilai Rp8,5 triliun dan PT KRAS senilai Rp3 triliun tersebut telah melalui proses kajian serta evaluasi yang komprehensif. Urgensi atas kebutuhan penyaluran IP PEN kepada ketiga BUMN tersebut dinilai sangat penting karena memiliki multiplier effect yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia, serta memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat luas. Dalam pelaksanaan IP PEN ini, PT SMI bersama Kementerian Keuangan memastikan prosedur dan kriteria pemberian investasi dilakukan secara prudent dan tepat, dengan melibatkan lembaga independen yang menjadi konsultan keuangan, hukum, dan kajian ekonomi, serta terus menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam proses penyalurannya.

Related Posts