acara     October 31, 2019

PT SMI mengadakan acara talkshow NGOPI – Ngobrol Pembangunan Indonesia

Saat ini kondisi ekonomi global tengah mengalami dinamika yang berdampak bagi perekonomian Indonesia. Berbagai upaya dikuatkan Pemerintah & Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati memberikan arahan serta mandat kepada PT SMI; salah satu SMV Kemenkeu untuk terus menggenjot pembangunan infrastruktur dan investasi sebagai strategi menghindari resesi ekonomi di Indonesia.

Dalam mengemban mandatnya, PT SMI senantiasa membutuhkan dukungan serta kolaborasi dengan para stakeholders untuk bersama-sama meningkatkan pertumbuhan pembangunan nasional. Sebagai ajang tukar pikiran sekaligus untuk mendapat masukan dari pakar ekonomi terkait proyeksi ekonomi dunia dan dampaknya, maka PT SMI mengadakan diskusi berbentuk talkshow dengan tajuk NGOPI “Ngobrolin Pembangunan Indonesia” : Indonesia’s Economic Outlook – Evaluasi 2019 dan Proyeksi 2020, bertempat di The Maj, Senayan, Jakarta (30/10).

Pakar Ekonomi, Chatib Basri dan rektor Universitas Indonesia, Ari Kuncoro yang menjadi pembicara pada event NGOPI ini, berpendapat bahwa dengan keterbatasan modal dan SDM, Pemerintah tidak harus mengerahkan semua sektor secara bersamaan; diprioritaskan sektor-sektor tertentu yang sesuai dengan kemampuan modal dan SDM kita. Selain itu, penguatan ekonomi nasional di tengah ancaman resesi global juga dapat dilakukan dengan menjaga stabilitas daya beli masyarakat Indonesia. Langkah ini dinilai paling cocok diterapkan untuk skema jangka pendek. Peningkatan kualitas pendidikan pun dirasa perlu lebih ditekankan agar dapat mencetak SDM unggul sejalan dengan visi Pemerintah lima tahun ke depan.

Related Posts