acara     June 17, 2021

Rapat Dengar Pendapat (“RDP”) PT SMI dengan BAKN – DPR RI

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) memenuhi undangan Rapat Dengar Pendapat (“RDP”) dari Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (“BAKN”) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (“DPR RI”) dalam rangka mendapat masukan terkait Penelaahan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (“BPK RI”) kepada PT SMI di Semester II-2019 (16/6). Pemenuhan undangan ini merupakan salah satu bentuk komitmen dan pertanggung jawaban PT SMI untuk memenuhi prinsip keterbukaan informasi.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Pasal 20 (A) ayat 1 disebutkan bahwa DPR RI memiliki fungsi Legislasi, Anggaran dan Pengawasan. Dalam mengoptimalkan fungsi pengawasan, DPR RI memiliki sejumlah alat kelengkapan dewan, salah satunya BAKN yang memiliki tugas antara lain sebagai berikut:

  1. Melakukan hasil penelaahan terhadap hasil temuan BPK RI yang disampaikan kepada DPR RI;
  2. Menyampaikan hasil penelaahan kepada komisi;
  3. Menindaklanjuti hasil pembahasan komisi kepada BPK RI sesuai permintaan komisi;
  4. Memberikan masukan kepada BPK RI dalam hal rencana pemeriksaan tahunan, hambatan serta penyajian dan kualitas laporan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK RI di Semester II-2019 kepada PT SMI, BAKN merasa perlu untuk melakukan konfirmasi dan klarifikasi kepada PT SMI atas beberapa hal terkait pelaksanaan tugas PT SMI. Diskusi yang berjalan positif dan interaktif ini dipimpin oleh Wahyu Sanjaya serta diselenggarakan secara hybrid (fisik dan daring) di Gedung Nusantara I, DPR RI. Turut hadir secara fisik yaitu Direktur Utama PT SMI – Edwin Syahruzad, Direktur Operasional & Keuangan – Darwin Trisna Djajawinata dan Direktur Manajemen Risiko – Faaris Pranawa.

Related Posts