berita     June 12, 2020

Mendagri dan Menkeu Restui Proposal Pinjaman Pemprov di PT SMI

Proses pinjaman Pemprov Sultra di PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) segera rampung. Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dan Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani akhirnya memberi restu. Kini, berkas proposal pinjaman Pemprov sudah di meja Direksi SMI.

“Kita tinggal menunggu rekomendasi direksi SMI. Semua prosedur di Mendagri dan Menkeu semua sudah rampung. Biasanya kalau seperti ini tinggal dua step lagi yaitu Memorandum of Understanding (MoU) dan perjanjian,” ujar Robert Maturbongs, Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra kemarin.

Ia memperkirakan proses pinjaman bisa rampung bulan Juli mendatang. Apalagi semua proses verifikasi berkas telah dituntaskan. “Biasanya kalau direksi sudah oke, kita langsung MoU. Target kita di Bulan Juli sudah jalan,” ujarnya optimis.

Usulan pinjaman kata dia, berkurang. Awalnya, Pemprov mengajukan pinjaman sebesar Rp1,195 triliun. Namun setelah dikaji di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) nilainya dikurangi menjadi Rp1,188 triliun. Pengurangan ini melalui beragam pertimbangan dan aspek teknisnya.

“Nilai pinjamananya kurang sekitar Rp7 miliar, namun itu tak menjadi masalah. Insya Allah, kekurangan akan ditutupi di APBD,” jelasnya.

Sumber: kendaripos.co.id

Related Posts