berita     March 3, 2020

Pesan Menkeu pada HUT PT SMI ke-11: Solutif dan berani mempersiapkan proyek infrastruktur

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta PT Sarana Multi Infrastruktur Persero (PT SMI) menggunakan pengalamannya untuk mendiagnosa dan memberikan solusi atas kebutuhan atau kekurangan pembiayaan infrastruktur di negeri ini. Hal tersebut disampaikannya pada perayaan hari jadi PT SMI ke-11 di Sahid Sudirman Center Jakarta.

“Saya ingin PT SMI dengan experience 11 tahun terus mendiagnosa kebutuhan itu, kekurangan-kekurangan itu, dan bagaimana Anda menjadi salah satu yang memberikan solusi, dari mulai financing, technical assistant, sampai Anda memprepare proyek for them,” kata Menkeu.

Selanjutnya, Menkeu meminta PT SMI berpikir secara makro dengan menganalisa APBN. Menkeu membandingkan hasil yang dikeluarkan jika menyalurkan anggaran yang sama kepada PT SMI dengan Kementerian/Lembaga (K/L).

“Saya menginginkan PT SMI membuat benchmark tinggi karena nanti saya bisa mengatakan pada menteri-menteri yang lain, kalau saya taruh di PT SMI 1 triliun itu ternyata dia bisa menghasilkan lebih cepat, lebih baik, dan lebih aman dan bahkan duitnya balik lagi ke saya,” ujar Menkeu.

Lebih jauh, Menkeu berharap inovasi instrumen terus dilakukan, baik konvensional maupun syariah karena kebutuhan pembiayaan infrastruktur makin banyak. Selain itu, PT SMI juga diharapkan mengambil risiko jika ada Pemerintah Daerah (Pemda) yang reform minded namun proyeknya ada di perbatasan.

“Jangan sampai Anda menemukan ada proyek yang bagus, tapi karena nggak berani ngambil karena gap-nya terlalu besar kemudian dia tidak jalan,” pesannya.

Terakhir, Menkeu menginginkan pegawai PT SMI tetap merasa semangat, yakin telah melakukan yang baik untuk negeri, dan terus memperkuat reputasinya agar PT SMI bisa menjadi landskap internasional.

Sementara itu, Direktur PT SMI Edwin Syahruzad pada kesempatan tersebut membeberkan kinerja PT SMI selama sebelas tahun yang dinilai positif. Terakhir, PT SMI memberikan pinjaman berupa standby facility sebesar Rp150 miliar kepada PT Semesta Marga Raya (SMR), pemegang konsesi jalan tol Kanci-Pejagan.

Related Posts