Informasi Perusahaan

PT SMI berkontribusi secara aktif dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Hingga September 2020, PT SMI telah memberikan pembiayaan kepada sektor infrastruktur dengan total komitmen sebesar Rp 103,9 triliun dari hanya Rp 125 miliar pada awal pendirian tahun 2009. Total aset tumbuh signifikan dari Rp 1,2 triliun pada tahun 2009 menjadi Rp 82,1 triliun pada September 2020.

Aktivitas Penghimpunan Dana
Dengan besarnya kebutuhan pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia, PT SMI meningkatkan kapabilitas pembiayaan melalui leveraging. PT SMI secara aktif menghimpun dana dengan menerbitkan obligasi di pasar modal dan memperoleh pinjaman dari bank. Berbagai prestasi telah diraih oleh PT SMI dan memberikan kontribusi nyata dalam perkembangan pasar modal, dengan penerbitan Green Bond pertama di Indonesia (2018), emisi terbesar senilai Rp7,0 triliun (2017) dalam satu penerbitan, dan jumlah obligasi terbesar yang diterbitkan pada tahun 2019 sebesar Rp 11,9 triliun di Indonesia.

Selain itu, PT SMI juga aktif mencari sumber pendanaan alternatif dengan menghimpun dana dari lembaga pembangunan internasional untuk kemudian disalurkan ke proyek infrastruktur. Pada akhir 2016, PT SMI adalah organisasi pertama dari Asia Tenggara yang terdaftar sebagai anggota terakreditasi Green Climate Fund (“GCF”) untuk mendapatkan akses pembiayaan untuk proyek energi terbarukan dan perubahan iklim.