September 19, 2019

Integrated Sustainable Bus Rapid Transit Development in Semarang

Proyek
Integrated Sustainable Bus Rapid Transit Development in Semarang

Lokasi
Semarang, Indonesia

Tipe
Project Preparation Facility

Penerima manfaat
Pemerintah Kota Semarang

Instrumen Finansial
Hibah

Hibah dari GCF
USD 788.000

Sumber dana lainnya
USD 470.000


Kurangnya implementasi transportasi perkotaan berkelanjutan adalah salah satu masalah penting di sebagian besar kota – kota di Indonesia, termasuk Semarang. Berdasarkan survey di tahun 2017, transportasi umum hanya memenuhi 20% dari total kebutuhan transportasi kota. Pemerintah kota Semarang berkomitmen untuk memperbaiki kualitas transportasi umum melalui sistem Bus Rapid Transit (BRT) sebagaimana tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Semarang.

PT SMI bertujuan untuk mendukung Pemerintah Kota Semarang untuk memperbaiki kualitas transportasi umum tersebut. Dengan didanai oleh Green Climate Fund (GCF) dan bekerja sama dengan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) Indonesia dalam kerangka Sustainable Urban Transport Programme Indonesia (SUTRI NAMA) dan Indonesian Bus Rapid Transit Corridor Development Project (INDOBUS), PT SMI melaksanakan kegiatan penyiapan proyek untuk pengembangan transportasi berkelanjutan terintegrasi Bus Rapid Transit (BRT) yang terintegrasi dengan sistem transportasi lainnya termasuk non-motorized transport.

Pada tahap penyiapan proyek, PT SMI membantu Pemerintah Kota Semarang untuk menyusun studi kelayakan implementasi sistem BRT penuh di Semarang, yang mencakup infrastruktur, sistem transportasi pintar, metode pengumpulan tarif, dan perbaikan non-motorized transport. Diharapkan hasil keluaran penyiapan proyek ini adalah kajian yang akan siap untuk dilanjutkan ke tahap implementasi.

 

Dokumen terkait proyek:

PPF Application – Integrated Sustainable Bus Rapid Transit Development in Semarang

Related Posts