March 3, 2020

Pembangunan RSUD Kelas C Kabupaten Tapin

Pemerintah Daerah
Pemerintah Kabupaten Tapin

Provinsi
Kalimantan Selatan

Status
Aktif

Proyek
Pembangunan RSUD Kelas C Kabupaten Tapin

Perkiraan Total Biaya Proyek
Rp148,66 miliar

Nilai Plafond Pinjaman
Rp148,66 miliar dengan alokasi: Pembangunan Fisik RSUD sebesar Rp125 miliar dan Pengadaan Alat Kesehatan sebesar Rp23,66 miliar

Tenor
4 Tahun (48 bulan)


Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datu Sanggul Rantau adalah rumah sakit milik pemerintah Kabupaten Tapin, beroperasi dengan Izin No:188.45/255/KUM/2015 sebagai Rumah Sakit Umum Kelas C dengan kapasitas tempat tidur tersedia 125 tempat tidur (TT). RSUD Datu Sanggul Rantau eksisting berlokasi di Jl. Brigjend H. Hasan Basry Rantau Kabupaten Tapin, luas keseluruhan lahan rumah sakit 21.095,32 m2 dengan luas keseluruhan bangunan 10.920 m2. Sebagai Rumah Sakit Pusat Rujukan untuk Kabupaten Tapin, RSUD Datu Sanggul Rantau memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dari seluruh Kabupaten Tapin. Komposisi pasien terbanyak tetap berasal dari Kecamatan Tapin Utara dan Kecamatan Tapin Selatan yang merupakan wilayah terdekat dengan RSUD Datu Sanggul Rantau.

Namun, keadaan eksisting fasilitas pelayanan kesehatan di RSUD Datu Sanggul saat ini tidak memadai dan tidak terdapat lahan yang cukup untuk pengembangan RS di masa yang akan datang. Ruang perawatan terlihat sesak dan tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Ruang penyimpanan obat belum memenuhi standar dan gas medis masih dalam bentuk tabung belum ada instalasi gas medis yang terintegrasi.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Tapin berencana melakukan pengembangan RSUD Datu Sanggul Rantau dengan memindahkan RSUD Datu Sanggul Rantau ke lokasi baru. RSUD Kabupaten Tapin yang akan dibangun nantinya akan beroperasi sebagai Rumah Sakit Umum Kelas C sesuai dengan izin operasional yang dimiliki RSUD Datu Sanggul Rantau sebelumnya, sehingga seluruh jenis pelayanan, sumber daya yang tersedia dan sarana dan prasarana yang akan disediakan akan mengacu pada RSUD Datu Sanggul Rantau.

Dalam rencana pembangunan RSUD Kabupaten Tapin tidak terdapat rencana penambahan jenis pelayanan, karena telah sesuai dengan yang diatur dalam Permenkes 56/2014 kecuali adanya rencana penambahan kapasitas tempat tidur menjadi 165 TT pada tahun 2025 dan pada tahun 2035 jumlah tempat tidur 195 TT. Konstruksi bangunan disiapkan untuk 195 TT. Pembangunan RSUD baru ini adalah memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat dan lahan yang tersedia memungkinkan untuk pengembangan RSUD di masa yang akan datang.

Related Posts