July 1, 2021

Permintaan Penyampaian Minat: Jasa Konsultan Pendamping untuk Monitoring dan Evaluasi Pinjaman PEN Daerah

Date : July 1, 2021 - July 16, 2021
Status : Close/Tutup

Panel Konsultan
Jasa Konsultan Pendamping untuk Melakukan Monitoring dan Evaluasi atas Pelaksanaan Penyaluran Pinjaman Daerah PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) kepada Pemerintah Daerah dalam Rangka Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

  1. PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“Perseroan”)—sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan 100% kepemilikan sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan—memainkan peran aktif dalam jasa pembiayaan infrastruktur serta pendampingan untuk penyiapan proyek dan jasa konsultasi untuk pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia.
  2. Dalam rangka mendukung Kebijakan Keuangan Negara untuk penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan/atau menghadapi ancaman yang membahayakan Perekonomian Nasional Dan/Atau Stabilitas Sistem Keuangan Serta Penyelamatan Ekonomi Nasional, Pemerintah melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2020 tanggal 11 Mei 2020 melaksanakan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui skema Penyertaan Modal Negara (PMN), Penempatan Dana, Investasi Pemerintah, Penjaminan, maupun fasilitas pinjaman kepada Pemerintah Daerah (Pemda). Dukungan pembiayaan yang diberikan oleh Pemerintah kepada Pemda merupakan bentuk stimulus fiskal guna percepatan pemulihan ekonomi di Daerah. Berkenaan dengan fasilitas pinjaman daerah tersebut, Pemerintah melalui Menteri Keuangan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 105/PMK.07/2020 Tanggal 7 Agustus 2020 mengenai Pengelolaan Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional Untuk Pemerintah Daerah yang sekaligus memberikan mandat penugasan kepada Perseroan untuk menyalurkan Fasilitas Pinjaman Daerah dalam rangka PEN. Berkenaan dengan mandat yang diberikan oleh Pemerintah tersebut, Perseroan membutuhkan konsultan pendamping yang bertugas untuk membantu Perseroan dalam melakukan evaluasi atas fasilitas pinjaman yang telah disalurkan kepada Pemda.
  3. Saat ini Perseroan telah memberikan komitmen pinjaman kepada 21 Pemda dimana Pinjaman tersebut akan digunakan untuk membiayai kegiatan konstruksi (pembangunan infrastruktur), kegiatan pengadaan barang berupa pengadaan alat kesehatan (alkes) untuk mendukung fasilitas rumah sakit maupun kegiatan pengadaan barang yang berkaitan dengan penanggulangan Covid-19.
  4. Terkait hal di atas, Perseroan mengundang calon konsultan yang berminat dan memenuhi syarat (“Peserta”) untuk menyampaikan pernyataan minat dan dokumen kualifikasi guna mengikuti proses seleksi prakualifikasi. Tujuan dari seleksi prakualifikasi adalah untuk mendapatkan Panel Konsultan (Shortlist) yang terdiri atas konsultan-konsultan yang dianggap memiliki kompetensi dan kemampuan untuk melaksanaan pekerjaan sebagaimana tertuang Dokumen Prakualifikasi. diperbolehkan untuk berasosiasi dengan Peserta lain dalam bentuk Kerjasama Operasi atau sub konsultansi untuk meningkatkan kualifikasi mereka.
  5. Kriteria evaluasi atas penetapan Shortlist adalah Peserta yang memiliki pengalaman, keahlian, serta telah menyelesaikan pekerjaan terkait pengawasan proyek atau manajemen konstruksi baik pekerjaan pengawasan proyek secara langsung maupun terkait pekerjaan pengawasan untuk kepentingan pemberi pinjaman atau stakeholders lainnya untuk kegiatan sektor infrastruktur Jalan/Jembatan, Infrastruktur Pengairan (SDA), Infrastruktur Bangunan, dan Infrastruktur lainnya. Peserta diminta untuk memperhatikan dengan seksama ketentuan-ketentuan terkait pelaksanaan dan mekanisme prakualifikasi sebagaimana tertuang dalam Dokumen Prakualifikasi.
  6. Untuk mendapatkan Dokumen Prakualifikasi, Konsultan yang berminat wajib mendaftarkan diri melalui sistem e-procurement yang bisa diakses disini dan menyampaikan Surat Pernyataan Minat (format Surat dapat diakses disini) yang telah ditandatangani oleh Pejabat yang berwenang melalui email: procurement@ptsmi.co.id selambat-lambatnya hari Jumat tanggal 16 Juli 2021 pukul 14:00 WIB.

 

Cipto Adi Utomo
Head of Procurement Committee
PT SARANA MULTI INFRASTRUKTUR (PERSERO)

Related Posts