Katalis untuk Mendukung Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) adalah salah satu Special Mission Vehicles (SMV) di bawah Kementerian Keuangan yang bergerak di bidang pembiayaan dan penyiapan proyek infrastruktur. Didirikan pada tanggal 26 Februari 2009, PT SMI merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang seluruh modal sahamnya dimiliki oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan. PT SMI dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. 100/PMK.010/2009 tentang Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur.

PT SMI mendapat mandat sebagai katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia, termasuk untuk mendukung pelaksanaan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (“PMK”) No. 100/PMK.010/2009, terdapat 8 sektor yang dapat dibiayai PT SMI yaitu jalan dan jembatan, transportasi, minyak dan gas bumi, telekomunikasi, manajemen limbah, ketenagalistrikan, irigasi & pengairan, serta penyediaan air minum.

Pada tahun 2015, Pemerintah melakukan pengalihan aset dan fungsi Pusat Investasi Pemerintah (PIP) kepada PT SMI, dengan salah satu fungsinya adalah pembiayaan kepada pemerintah daerah dan proyek geothermal. Oleh sebab itu melalui Surat OJK Nomor S-48/D.05/2015 tanggal 30 April 2015, PT SMI mendapat izin perluasan sektor, meliputi infrastruktur sosial (rumah sakit, pasar, terminal, dan lainnya), infrastruktur kepariwisataan, dan rolling stock.

Lebih lanjut, pada tahun 2019 PT SMI juga telah mendapat izin perluasan sektor dari OJK melalui Surat OJK Nomor S-7/D.05/2019 tanggal 12 Februari 2019 tentang Persetujuan Izin Penambahan Obyek Pembiayaan Infrastruktur yang meliputi infrastruktur sumber daya air dan irigasi, infrastruktur sistem pengelolaan persampahan, infrastruktur informatika, infrastruktur energi terbarukan, infrastruktur konservasi energi, infrastruktur sarana dan prasarana olahraga, serta kesenian, dan infrastruktur perumahan rakyat.

Dengan semakin luasnya sektor yang dapat dibiayai, PT SMI dapat semakin menyediakan solusi inovatif bagi pembangunan Indonesia yang turut mendorong pengentasan kemiskinan, ketersediaan akses kebersihan atau sanitasi, kesehatan, Pendidikan serta teknologi, dan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) lainnya di Indonesia.

Dalam rangka mewujudkan visi dan misinya, PT SMI telah mendefinisikan 6 butir fungsi dalam pelaksanaan mandat. Pelaksanaan mandat tersebut yaitu menciptakan produk pembiayaan yang inovatif, melaksanakan program akselerasi infrastruktur daerah, optimalisasi kerja sama strategis, optimalisasi penghimpunan dana, menjadi enabler percepatan infrastruktur dan manajemen risiko yang terukur. Butir-butir pelaksanaan mandat PT SMI tersebut bermuara pada dukungan terhadap SDGs, upaya untuk merespon perubahan iklim (adaptasi dan mitigasi) serta optimalisasi manfaat sosial dan ekonomi.

Sektor infrastruktur yang dibiayai PT SMI:

Transportasi
Jalan
Irigasi
Telekomunikasi
Efisiensi Energi
Kelistrikan
Minyak & Gas Bumi
Selokan
Air Bersih
Perkeretaapian
Kesehatan
Pendidikan
Lembaga Pemasyarakatan
Fasilitas Perkotaan
Pariwisata
Zona Infrastruktur
Perumahan Rakyat
Informatika
Sumber Mata Air
Sistem Pengolahan Limbah
Fasilitas Olahraga
Fasilitas Kesenian
Energi Terbarukan & Konservasi Energi

Visi

Menjadi katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur nasional.

Misi

• Menjadi mitra strategis yang memberikan nilai tambah dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

• Menciptakan produk pembiayaan yang fleksibel.

• Menyediakan pelayanan berkualitas dengan tata kelola yang baik.

Nilai Perusahaan

i-Sprint

Integrity

Perusahaan yang berkarakter dan melakukan kegiatan usaha sesuai dengan etika serta selalu mengedepankan tata kelola yang baik.

Service Excellent

Pelayanan yang konsisten memenuhi ekspektasi pelanggan.

Partnership

Kemitraan untuk mencapai visi dan misi Perusahaan.

Resilience

Berdaya tahan dan persisten dalam melaksanakan tugas.

Innovation

Memberikan solusi dalam pengembangan proyek infrastruktur.

Trust

Perusahaan yang dapat membina kepercayaan pelanggan dan pemangku kepentingan.