siaran-pers     October 28, 2019

Dorong Percepatan Pembangunan Berkelanjutan, PT SMI Akselerasikan Kinerja SDG Indonesia One (SIO)

JAKARTA, 28 Oktober 2019 – Sejak pertama kali diluncurkan pada tanggal 5 Oktober 2018, SDG Indonesia One (“SIO”) yang merupakan platform kerja sama pendanaan terintegrasi guna mendukung pembangunan infrastruktur yang berorientasi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia telah meningkatkan nilai komitmen sebesar USD3,05 miliar (sekitar Rp42,8 triliun – per Oktober 2019) atau meningkat sebesar 23,98% dari nilai komitmen awal sebesar USD2,46 miliar pada tahun lalu. Nilai komitmen tersebut dihasilkan dari dukungan para mitra SIO yang saat ini berjumlah 31 mitra yang terdiri dari lembaga Pemerintah, bank pembangunan, lembaga donor, filantropi, lembaga multilateral, lembaga-lembaga terkait climate funds, perbankan komersial, investor, dan sebagainya.

PT Sarana Multi Infrastruktur (“PT SMI”) sebagai pelaksana mandat sekaligus salah satu Special Mission Vehicle (SMV) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam mengelola SIO, terus mendorong peran platform ini untuk mewujudkan percepatan pembangunan berkelanjutan dan pencapaian SDGs di Indonesia. Edwin Syahruzad selaku Direktur Utama PT SMI dalam sambutannya pada acara SDG Indonesia One Partners Gathering 2019 “Partnership for the Goals” di Ayana Midplaza Hotel Jakarta hari ini (28/10) menjelaskan bahwa peran SIO telah memobilisasi dukungan dari berbagai pihak untuk mendorong percepatan pembangunan berkelanjutan dan pencapaian SDGs di Indonesia.

Edwin Syahruzad menyampaikan bahwa berkat arahan Kemenkeu dan dukungan para mitra, selama satu tahun peran SIO dapat berjalan dengan baik. Pada perjalanannya, SIO telah dimanfaatkan untuk mendukung upaya Pemerintah dalam menangani rekonstruksi dan rehabilitasi di daerah bencana, seperti; Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah. Tidak hanya itu, SIO juga berperan dalam penyaluran fasilitas pembiayaan daerah, penyediaan Technical Assistance (TA) pada proyek infrastruktur ramah lingkungan, pemberian Capacity Building dalam energi efisiensi, dan lain-lain.

Dalam kesempatan ini, Luky Alfirman selaku Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu yang diwakili oleh Direktur Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur, Bramantyo Istidjoso dalam sambutannya, menjelaskan bahwa berbagai capaian program yang tercetus dari platform SIO ini diharapkan dapat menginspirasi para mitra SIO yang telah dan akan bergabung. Luky Alfirman juga menegaskan bahwa fasilitas yang terdapat di dalam platform terintegrasi SIO ini memungkinkan terciptanya manfaat yang lebih luas bagi Indonesia, seperti; mobilisasi dan koordinasi peran Pemerintah, peningkatan akses sumber pendanaan hingga mengurangi beban fiskal Pemerintah dalam membiayai proyek berorientasikan SDGs. Melalui acara ini, beliau berharap dapat meningkatkan eksposur kinerja SIO kepada publik serta meningkatkan partisipasi para mitra terhadap program-program yang telah dilaksanakan dan atau yang telah direncanakan pada platform SIO secara berkala.

-selesai-

 

Tentang PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”)
PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) yang didirikan pada tanggal 26 Februari 2009 adalah Badan Usaha Milik Negera di bawah koordinasi Kementerian Keuangan yang berbentuk Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) yang berperan dan memiliki mandat sebagai katalis percepatan pembangunan infrastruktur.

PT SMI memiliki berbagai fungsi dan produk/ fitur unik untuk mendukung percepatan pembangunan infrasruktur yang tidak hanya berfungsi sebagai pembiayaan infrastruktur tetapi juga sebagai enabler melalui pelaksanaan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang mengikutsertakan berbagai institusi keuangan baik swasta maupun multilateral. PT SMI aktif mendukung pelaksanaan KPBU dan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di daerah melalui produk pinjaman daerah.

PT SMI memiliki tiga pilar bisnis yaitu (1) Pembiayaan dan Investasi, yaitu pembiayaan terhadap proyek – proyek infrastruktur, (2) Jasa Konsultasi yaitu solusi atas kebutuhan tenaga professional dan ahli di bidang infrastruktur serta (3) Pengembangan Proyek yaitu membantu Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) untuk menyiapkan proyek infrastruktur.

 

Informasi lebih lanjut:

Ramona Harimurti
Head of Corporate Secretary

Agah Djajadiredja
Communications & CSR

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)
Tel: +6221 8082 5288
Fax: +6221 8082 5258
Email: corporatesecretary@ptsmi.co.id
www.ptsmi.co.id

 

Unduh Siaran Pers

Related Posts