EN ID

Obligasi Berwawasan Lingkungan

PT SMI berusaha untuk menjadi bisnis yang bertanggung jawab dan berkomitmen untuk transparan tentang investasinya. Untuk melakukannya, kami memiliki Kerangka Obligasi Hijau yang memastikan investor mengetahui alokasi dana dan laporan yang melihat dampak proyek hijau.

Bisnis kami berkomitmen untuk keberlanjutan, dan kami melakukan segala upaya dengan layanan pembiayaan kami untuk tetap setia pada komitmen ini. Komitmen PT SMI ini juga sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia dalam mewujudkan komitmen Paris Agreement yang bertujuan untuk melindungi dan menjaga kualitas ekosistem dan lingkungan. Kami memastikan akses ke metode pembiayaan ramah lingkungan, seperti Green Issue Framework.


Kerangka Obligasi Hijau

PT SMI telah membuat Kerangka Obligasi Hijau, yang akan mengatur cara pemilihan proyek dan penggunaan dananya. Kerangka kerja ini juga membutuhkan pelaporan tentang bagaimana dana digunakan. Kerangka tersebut sesuai dengan OJK dan Prinsip Green Bond, yang semuanya merupakan standar internasional terkait penerbitan obligasi hijau.

Grup Bank Dunia, salah satu pelopor penerbitan obligasi hijau di seluruh dunia, membantu PT SMI dalam mempersiapkan kerangka kerja ini.

Green Bond PT SMI akan membiayai proyek-proyek yang akan melindungi, melestarikan, dan meningkatkan kualitas dan fungsi lingkungan. Proyek-proyek ini meliputi:


Pendapat Ahli Lingkungan

Pusat Penelitian Iklim Internasional-Oslo (“CICERO”) adalah pakar lingkungan terkemuka di dunia dan telah dipilih untuk memberikan Pendapat Kedua untuk Kerangka Obligasi Hijau PT SMI. Pada tanggal 27 April 2018, CICERO memberikan opini “Medium Green” terhadap Green Bond PT SMI.


Green Bond Berkelanjutan I Sarana Multi Infrastruktur Total Facility: Rp3 triliun

Tahap I Tahun 2018 – Rp500 miliar

Description Value Tenor Coupon on Maturity Rating
Seri A Rp251.500.000.000,- 3 tahun 7,55% 6 Juli 2021 idAAA
Seri B Rp248.500.000.000,- 5 tahun 7,80% 6 Juli 2023 idAAA
Rating Agency:

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo)

Trustee:

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Download