EN ID
Kabar Terupdate 20 Juni 2022
Share: https://ptsmi.co.id/cfind/source/thumb/images/content/cover_w20_h20_ic-share-fb.png https://ptsmi.co.id/cfind/source/thumb/images/content/cover_w20_h20_ic-share-twitter.png https://ptsmi.co.id/cfind/source/thumb/images/content/cover_w20_h20_ic-share-url.png

Pembangunan Berkelanjutan: Pengertian, Konsep dan Tujuan

Apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan pembangunan berkelanjutan? Jika belum silahkan membaca artikel ini sampai tuntas ya! Jika dilihat saat ini pembangunan terus dilakukan setiap harinya. Berkat teknologi yang canggih bisa mempercepat perkembangan pembangunan. Namun, alangkah lebih baik jika pembangunan tersebut tetap memperhatikan keseimbangan antara kebutuhan dan ketahanan lingkungan. Namun sudah tahukah Anda apa itu pembangunan berkelanjutan tersebut dan apa tujuannya? Nah, agar Anda lebih mengetahui tentang pembangunan berkelanjutan secara detail, silahkan membaca informasi menarik di bawah ini!

Apa itu Pembangunan Berkelanjutan?

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan pembangunan berkelanjutan tersebut? Yang dimaksud dengan pembangunan berkelanjutan adalah proses pembangunan yang bisa memaksimalkan sumber daya alam yang disediakan. Pembangunan berkelanjutan juga memiliki arti pembangunan yang mampu memenuhi kebutuhan dari generasi saat ini tanpa membahayakan kesehatan dan keselamatan generasi mendatang hanya demi memenuhi kebutuhan sendiri. Artinya adalah pembangunan ekonomi selalu memanfaatkan sumber daya alam dan membuat generasi mendatang bisa melanjutkan pembangunan yang sudah dijalankan saat ini.

Dasar Hukum

Yang menjadi dasar hukum dari pembangunan berkelanjutan adalah UU 32 tahun 2009. Undang-Undang yang satu ini menggantikan UU nomor 23 Tahun 1997 yang juga membahas tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Konsep Pembangunan Berkelanjutan

Pembangunan yang dilakukan berkelanjutan ini mampu membuat kesejahteraan hidup meningkat. Kesejahteraan itulah yang menjadi salah satu konsep pembangunan berkelanjutan. Selain konsep tersebut masih ada konsep lainnya yang diusung seperti pembangunan yang dilakukan mampu memperbanyak SDA yang bisa diperbarui, mempertahankan atau menjaga kualitas hidup manusia baik masa kini maupun masa depan. Konsep selanjutnya adalah memanfaatkan SDA dengan sebaik-baiknya agar tidak boros dan merusak lingkungan. Konsep terakhir mengelola SDA dengan baik dan bisa digunakan di masa mendatang.

Prinsip Pembangunan Berkelanjutan

Setelah mengetahui konsep pembangunan berkelanjutan, penting bagi Anda untuk tahu apa saja yang menjadi prinsip pembangunan yang berkelanjutan tersebut seperti berikut ini:

  1. Ekonomi

    Prinsip pembangunan berkelanjutan dari segi ekonomi mampu memberikan peningkatan keterampilan pekerja yang lebih meningkatkan daya saing. Dengan peningkatan daya saing, diharapkan masyakarat bisa mendapatkan pekerjaan layak dan bisa mendapatkan pendapatan yang lebih baik. Selain itu, mampu menunjang pembuatan infrastruktur dasar seperti properti, sistem air dan sejenisnya pada infrastruktur informasi.

  2. Energi

    Pemakaian energi harus dilakukan lebih hemat demi pembangunan berkelanjutan. Ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk menghemat energi seperti berikut ini:

    • Menggunakan energi yang bisa diperbarui lebih maksimal.

    • Hemat penggunaan sumber energi yang tersedia.

    • Memprioritaskan pembangunan transportasi massal.

  3. Ekologi

    Prinsip selanjutnya adalah ekologi. Ekologi merupakan lingkungan yang terus dilestarikan selama melaksanakan berkelanjutan. Agar pelestarian lingkungan bisa dilakukan secara maksimal, ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti memastikan ada ruang terbuka hijau, membuat sistem transportasi dan bangunan bisa terintegrasi dengan baik.

  4. Engagement atau Peran Serta

    Pembangunan berkelanjutan wajib dilakukan dengan partisipasi masyarakat luas dan pemerintah harus bisa memberikan fasilitas.  Masyarakat harus berperan aktif dalam proses pembangunan berkelanjutan. Pemerintah juga bisa menjadi fasilitator pemberdayaan masyarakat dan mampu menampung aspirasi masyarakat.

  5. Equity atau Pemerataan

    Pemerataan menjadi target utama dari pembangunan berkelanjutan. Dengan pembangunan tersebut diharapkan mampu membuat kesenjangan ekonomi mengecil. Selain itu, dengan memegang prinsip pemerataan, semua anggota masyarakat bisa mendapatkan kesempatan yang seimbang.

Tujuan

Situs resmi OJK menyebutkan tujuan pembangunan berkelanjutan disebut dengan SDGs atau sustainable development goals. Program yang satu ini dijalankan sejak tahun 2015 dan menjadi program berkelanjutan Millenium Development Goals. Beberapa tujuan yang ingin dicapai dengan pembangunan berkelanjutan seperti berikut:

  1. Mengentaskan kemiskinan.

  2. Mengakhiri kelaparan dan mencapai ketahanan pangan dan perbaikan nutrisi dan menggalakkan pertanian yang berkelanjutan.

  3. Kehidupan sehat yang lebih sejahtera. Mampu menggalakkan hidup sehat dan mendukung kesejahteraan di semua usia.

  4. Mencapai pendidikan yang lebih inklusif, layak dan lebih berkualitas.

  5. Gender yang lebih setara dan memberdayakan perempuan.

  6. Membangun infrastruktur yang kuat, mendorong inovasi, mempromosikan industrialisasi berkelanjutan dan sebagainya.

  7. Memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.

  8. Mengambil langkah penting dalam perubahan iklim dan dampaknya, dan masih banyak lagi lainnya.

Indikator Pembangunan Berkelanjutan

Belum banyak yang tahu apa saja yang menjadi indikator berkelanjutan. Nah, ada lima indikator berkelanjutan yang penting untuk Anda ketahui seperti keberlanjutan ekologis, keberlanjutan di bidang ekonomi, keberlanjutan sosial dan budaya, keberlanjutan politik, keberlanjutan pertahanan keamanan.

Contoh Pembangunan Berkelanjutan

Untuk membuat Anda lebih memahami apa itu pembangunan berkelanjutan, Anda bisa mengetahui beberapa contohnya berikut ini!

  1. Pembangunan Pabrik

    Dalam membangun pabrik harus memperhatikan sektor ekonomi, sosial dan lingkungan. Sebuah pabrik perlu membuka lapangan pekerjaan untuk bisa meningkatkan ekonomi warga sekitar.  Pabrik perlu membuka lapangan pekerjaan untuk meningkatkan ekonomi warga yang ada di sekitar. Pabrik bisa memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan industri dan menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan.

  2. Pembangunan Tambang Emas

    Contoh pembangunan berkelanjutan selanjutnya adalah tambang emas. Pembangunan jenis ini  bisa membuka lapangan kerja di lingkungan sekitar. Untuk pembangunan tambang emas penting untuk memperhatikan sektor sosial masyarakat. Misalnya melakukan pemberdayaan dan bantuan fasilitas lain untuk lingkungan sekitar.

    Pembangunan tambang emas penting juga memperhatikan keadaan lingkungan sekitarnya. Misalnya saja memperhatikan bekas galian tambang dan menutupnya menggunakan tanah kembali agar tidak berbahaya bagi masyarakat sekitar.

  3. Pembangunan Perkantoran

    Contoh pembangunan berkelanjutan selanjutnya adalah pembangunan perkantoran. Sesuai dengan namanya perkantoran digunakan untuk meningkatkan sektor ekonomi dan terbuka melalui lapangan kerja.  Perkantoran juga bisa memberikan berupa bantuan pelatihan untuk masyarakat agar bisa bersaing dengan dunia kerja.  Hal itu digunakan untuk memenuhi sektor sosial dari konsep pembangunan yang berkelanjutan. Perkantoran bisa menggunakan energi terbarukan misalnya menggunakan energi tenaga surya atau PLTS yang lebih hemat dan ramah lingkungan.

PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur) Sebagai Special Mission Vehicle Yang Mendukung Pembangunan Berkelanjutan

Pembangunan berkelanjutan membutuhkan dana dan pembiayaan besar. Terkadang pembiayaan tersebutlah yang menjadi tantangan dalam pembangunan berkelanjutan tersebut. Tapi untungnya saat ini sudah ada PT SMI. Perusahaan pembiayaan infrastruktur yang satu ini mampu memberikan pembiayaan besar dengan banyak kelebihan. 

PT SMI hadir untuk melengkapi layanan perbankan dan memberikan alternatif pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur. Kehadiran PT SMI bukan untuk bersaing dengan puak perbankan atau lembaga keuangan. PT SMI percaya, sumber pendanaan tidak hanya datang dari bank lokal maupun internasional saja. Dengan mempercayakan pembiayaan infrastruktur Anda pada PT SMI membuat percepatan pembangunan infrastruktur dan pembangunan berkelanjutan bisa lebih mudah terjadi.

Mengapa PT SMI?

Ada beberapa alasan mengapa Anda bisa menjadikan PT SMI sebagai solusi untuk pembiayaan infrastruktur Anda. PT SMI memiliki keunggulan berupa tenor yang lebih panjang yaitu lebih dari 5 tahun, suku bunga yang kompetitif, produk pembiayaan yang inovatif dan terakhir skema pembiayaan yang lebih fleksibel.

Butuh dana pembangunan berkelanjutan yang besar? Ajukan pembiayaan ke PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur) saja! Dijamin produk PT SMI bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, silahkan klik link ini untuk mendapatkan informasi produk PT SMI lebih detail.

Back to News

Other Kabar Terupdate