EN ID
25 Mei 2023
Share: https://ptsmi.co.id/cfind/source/thumb/images/icon/cover_w20_h20_share-fb.png https://ptsmi.co.id/cfind/source/thumb/images/icon/cover_w20_h20_share-tw.png https://ptsmi.co.id/cfind/source/thumb/images/icon/cover_w20_h20_share-link.png

Permintaan Pernyataan Minat: Jasa Konsultan Penasihat Transaksi untuk Fasilitas Pendukung Penerapan Skema Pendanaan Ibu Kota Nusantara

Date : 2023-05-25 - 2023-06-12
Status : Close/Tutup

Reference No: S-074/SMI/DOK/DUP/0523

  1. PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) merupakan salah satu Special Mission Vehicle (“SMV”) di bawah Kementerian Keuangan yang mendapat mandat sebagai katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Dalam pelaksanaan mandatnya, PT SMI memiliki tiga pilar bisnis yaitu: (i) Pembiayaan dan Investasi; (ii) Jasa Konsultasi; dan (ii) Pengembangan Proyek.
  2. Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Keuangan telah menugaskan PT SMI untuk melaksanakan Fasilitas Pendukung Penerapan Skema Pendanaan (“PPSP”) dalam rangka pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 220/PMK.08/2022 tentang Dukungan Pemerintah untuk Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha serta Pembiayaan Kreatif dalam Rangka Percepatan Penyediaan Infrastruktur di IKN.
  3. Fasilitas PPSP bertujuan untuk mendukung pengembangan skema pendanaan pembangunan infrastruktur di IKN melalui kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
    • penyiapan kajian dan/atau dokumen rencana Pengadaan tanah atau penetapan lokasi;
    • penyiapan kerangka regulasi;
    • penyiapan kajian dan/atau dokumen indikasi deskripsi proyek prioritas yang ditargetkan beroperasi di Kawasan inti pusat pemerintahan Ibu Kota Nusantara; dan/atau
    • penyiapan kajian dan/atau dokumen rekomendasi indikasi penggunaan sumber dan skema pembiayaan yang akan digunakan dalam rangka pendanaan penyediaan infrastruktur IKN.
  4. Dalam pelaksanaan Fasilitas PPSP, melalui pilar bisnis Pengembangan Proyek, PT SMI melakukan pendampingan kepada Otorita Ibu Kota Nusantara ("OIKN”) selaku Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama (“PJPK”) serta berperan aktif dalam mendorong partisipasi badan usaha dalam percepatan pembangunan infrastruktur di IKN baik melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (“KPBU”) maupun skema pendanaan lainnya sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2022 tentang Pendanaan dan Pengelolaan Anggaran dalam Rangka Persiapan, Pembangunan, dan Pemindahan Ibu Kota Negara serta Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara.
  5. Berkenaan dengan penugasan tersebut, PT SMI membutuhkan Jasa Konsultan untuk membantu dalam melakukan pendampingan kepada OIKN pada pelaksanaan setiap tahapan Fasilitas PPSP, dengan paket pengadaan sebagai berikut:
    • (PPSP01) Pengadaan Jasa Konsultan Penasihat Transaksi Strategi Bisnis
    • (PPSP02) Pengadaan Jasa Konsultan Penasihat Transaksi Legal
  6. Terkait hal di atas, PT SMI mengundang Perusahaan Konsultan yang memenuhi syarat baik secara tunggal maupun secara konsorsium untuk menyampaikan Pernyataan Minat (Expression of Interest/EOI) guna mengikuti proses seleksi prakualifikasi.

Tata Cara Penyampaian Minat (EOI) dan Dokumen Prakualifikasi

Penyampaian Minat (EOI)

Konsultan yang berminat agar memperhatikan tata cara penyampaian minat sebagai berikut:

  1. Wajib mendaftarkan diri (apabila belum terdaftar atau diperlukan pengkinian data) melalui e-Procurement PT SMI dengan alamat: https://vms.ptsmi.co.id/VendorPortal/Login
  2. Mengirimkan Softcopy EOI yang telah di tandatangani oleh Direktur Utama atau Pejabat yang dikuasakan (dilampirkan surat kuasa apabila dikuasakan) melalui surel (email) dengan ketentuan sebagai berikut:
    . . .
    Format EOI : Format EOI: (PPSP01) Pengadaan Jasa Konsultan Penasihat Transaksi Strategi Bisnis (UNDUH)
    Format EOI: (PPSP02) Pengadaan Jasa Konsultan Penasihat Transaksi Legal (UNDUH)
    Alamat pengiriman (To) : procurement@ptsmi.co.id
    Subject Line (pilih sesuai kompetensi atau minat) : (PPSP01)_Nama Perusahaan-EOI Konsultan Penasihat Transaksi Strategi Bisnis
    (PPSP02)_Nama Perusahaan-EOI Konsultan Penasihat Transaksi Legal
    Batas Akhir EOI : selambatnya hari Jumat, tanggal 2 Juni 2023

 

Tata Cara Penyampaian Dokumen Prakualifikasi

Konsultan yang telah menyampaikan EOI akan memperoleh Undangan Dokumen Prakualifikasi. Untuk selanjutnya Konsultan segera memasukkan (menyampaikan) Dokumen Kualifikasi melalui surel (email) dengan ketentuan sebagai berikut:

. . .
Alamat pengiriman (To) : procurement@ptsmi.co.id
Subject Line (pilih sesuai kompetensi atau minat) : (PPSP01)_Nama Perusahaan-Dokumen Kualifikasi Konsultan Penasihat Transaksi Strategi Bisnis
(PPSP02)_Nama Perusahaan-Dokumen Kualifikasi Konsultan Penasihat Transaksi Legal
Batas Akhir Pemasukan : selambatnya hari Senin, tanggal 12 Juni 2023

 

Jakarta, Mei 2023

Panitia Pengadaan Konsultan Penasihat Transaksi Fasilitas PPSP
PT SARANA MULTI INFRASTRUKTUR (PERSERO)
Gedung Sahid Sudirman Center, Lt. 47
Jl. Jend. Sudirman No. 86 Jakarta 10220, Indonesia
Tel: +62 (21) 8082 5288 Fax: +62 (21) 8082 5258


Kembali ke Pengadaan

Tanggal : 31 Mei 2019 - 17 Juni 2019
Status : Close/Tutup
Baca lebih lanjut
16 November 2021

Pengumuman Prakualifikasi: Penyediaan Jasa Tenaga Kerja Pendukung Operasional Kantor PT SMI

Tanggal : 17 November 2021 - 24 November 2021
Status : Close/Tutup
Baca lebih lanjut

Tanggal : 05 Oktober 2021 - 05 Oktober 2021
Status : Close/Tutup
Baca lebih lanjut