EN ID
Kabar Terupdate 30 Desember 2022
Share: https://ptsmi.co.id/cfind/source/thumb/images/content/cover_w20_h20_ic-share-fb.png https://ptsmi.co.id/cfind/source/thumb/images/content/cover_w20_h20_ic-share-twitter.png https://ptsmi.co.id/cfind/source/thumb/images/content/cover_w20_h20_ic-share-url.png

Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur di Indonesia Terpercaya

Sudahkah Anda tahu apa itu Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur di Indonesia? Jika belum Anda bisa menyimak artikel ini sampai bawah. Belum banyak orang yang mengetahui apa itu perusahaan pembiayaan infrastruktur tersebut. Berbeda saat mereka mendengar kata leasing atau multifinance, kedua kata tersebut mempresentasikan perusahaan pembiayaan. 

Yang masuk ke dalam perusahaan pembiayaan ini cukup banyak. Pada umumnya perusahaan pembiayaan ini merupakan bagian utama dari pemain utama industri keuangan selain bank. Berdasarkan data APPI atau Asosiasi Perusahaan Pembiayaan di Indonesia, per Agustus 2021 total perusahaan pembiayaan di Indonesia memiliki jumlah 167. Jumlah yang satu ini mengalami penurunan dibandingkan 2020 silam. Nah, agar Anda tahu tentang perusahaan pembiayaan infrastruktur di Indonesia lebih detail, yuk simak beberapa informasi menarik di bawah ini!

Apa itu Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur di Indonesia?

Sebelum Anda mengetahui informasi lainnya tentang perusahaan pembiayaan infrastruktur di Indonesia, ada baiknya jika Anda tahu pengertiannya lebih dahulu. Pengertian perusahaan pembiayaan infrastruktur adalah badan usaha yang fungsinya adalah melakukan pembiayaan dalam sektor infrastruktur. 

Infrastruktur sendiri merupakan prasarana yang bisa memperlancar mobilitas arus barang dan jasa. Setiap Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur wajib mendapatkan izin usaha dari Menteri Keuangan. Izin Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur tersebut akan ditolak atau diterima paling lama 30 hari kerja setelah perusahaan tersebut mengajukan permohonan.

Dasar Hukum Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur

Lalu apa yang menjadi dasar hukum Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur di Indonesia tersebut? Nah, dasar hukum dari Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur adalah Peraturan dari Menteri Keuangan atau Menkeu. Peraturan tersebut Nomor 100/ PMK.010/ 2009. Untuk mengetahui dasar hukum yang lebih detail Anda bisa mengakses link ini.

Kegiatan Usaha Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur

Ada beberapa kegiatan usaha yang ditawarkan oleh Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur yang bisa Anda manfaatkan. Apa saja? Perusahaan infrastruktur menawarkan pemberian pinjaman langsung atau direct lending untuk pembiayaan infrastruktur. Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur di Indonesia memiliki kegiatan usaha refinancing. Tidak hanya itu saja, perusahaan juga memberikan pinjaman subordinasi yang berhubungan dengan pembiayaan infrastruktur. Selain itu untuk mendukung kegiatan usaha, perusahaan pembiayaan infrastruktur juga bisa memberikan dukungan kredit. Yang termasuk dalam dukungan kredit adalah pemberian jasa konsultasi, penyertaan modal, dan sebagainya. Kegiatan usaha yang terakhir adalah perusahaan pembiayaan infrastruktur akan memberikan fasilitas lain berhubungan dengan pembiayaan infrastruktur setelah mendapatkan persetujuan Menteri Keuangan.

Infrastruktur yang Dapat Menjadi Objek Pembiayaan Infrastruktur

Sesuai dengan dasar hukum Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur di Indonesia menyebutkan ada beberapa infrastruktur yang bisa menjadi pembiayaan infrastruktur. Apa saja? simak di bawah ini ya!

  • Infrastruktur jalan. Yang termasuk dalam infrastruktur ini jalan tol dan jembatan tol.

  • Infrastruktur pengairan. Infrastruktur yang satu ini meliputi saluran pembawa air baku.

  • Infrastruktur air minum. Yang termasuk dalam infrastruktur adalah bangunan pengambilan air baku, instalasi pengolahan air minum, jaringan distribusi, dan sebagainya.

  • Infrastruktur transportasi. Misalnya pelabuhan laut, sungai atau danau, bandar udara dan sebagainya.

  • Infrastruktur telekomunikasi. Misalnya jaringan telekomunikasi.

  • Infrastruktur ketenagalistrikan. Misalnya pembangkit listrik dan distribusi listrik.

  • Infrastruktur air limbah. Misalnya seperti instalasi pengolah air limbah, jaringan pengumpul dan jaringan utama. Ada juga sarana persampahan seperti pengangkut dan tempat pembuangan.

  • Infrastruktur minyak dan gas bumi.

  • Infrastruktur lainnya.

Bentuk Badan Hukum Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur

Tata cara pendirian Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur di Indonesia sudah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan. Salah satu cara pendirian yang diatur dalam peraturan tersebut adalah badan hukumnya. Dalam Bab III tata cara pendirian dan bagian perizinan disebutkan bahwa bentuk badan hukum Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur adalah Perseroan Terbatas atau Koperasi. Jika bentuk badan hukumnya bukan PT atau Koperasi akan ditolak. 

Tidak hanya badan hukumnya saja yang dibahas, namun juga pendirinya. Yang bisa mendirikan Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur adalah Warga Negara Indonesia atau Badan Hukum Indonesia. Bisa juga badan usaha asing dan warga negara Indonesia atau badan hukum Indonesia atau usaha patungan. Yang dimaksud badan usaha asing adalah organisasi multilateral, merupakan lembaga keuangan internasional dan bergerak dalam bidang pembangunan.

Apa itu PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur)?

Membicarakan Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur di Indonesia tidak lengkap rasanya jika tidak membahas profil PT SMI. Ya, perusahaan yang satu ini merupakan Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur di Indonesia yang terbaik dan terpercaya.  

PT SMI merupakan perusahaan berdedikasi meningkatkan kesejahteraan nasional melalui pembangunan yang berkelanjutan, urbanisasi dan memberikan fasilitas perluasan dan pendayagunaan wilayah.  Semua bisa berjalan dengan baik dari Kementerian Keuangan Indonesia dan setiap pemangku kepentingan PT SMI.

Agar bisa mewujudkan pembangunan berkelanjutan bagi investor, pemerintah dan masyarakat PT SMI memiliki tiga pilar sinergis yang bisa membantu menjalankan perannya sebagai perusahaan Pembiayaan dan Investasi, Jasa Konsultasi dan Pengembangan Proyek.

PT SMI mengkhususkan dirinya sebagai pembuatan infrastruktur, selain itu menjadi Badan Usaha Milik Negara yang semua modal dimiliki sepenuhnya oleh Republik Indonesia di bawah Kementerian Keuangan. 

Fokus Utama

Sebagai Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur di Indonesia terbaik, PT SMI memiliki dua fokus utama yaitu memberikan manfaat dan memiliki kontribusi kepada masyarakat melalui tindakan sadar sosial dan ekonomi. Kedua, mempromosikan keberlanjutan melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan SDGs dan mitigasi perubahan iklim.

Visi dan Misi

Untuk mengenal lebih jauh Anda juga harus tahu visi dan misi PT SMI. Visi dari Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur yang satu ini adalah menjadi katalis. Terutama dalam percepatan pembangunan infrastruktur nasional. Sedangkan misinya seperti berikut ini:

  • Menjadi mitra strategis yang mampu memberikan nilai tambah dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

  • Menciptakan produk pembiayaan yang lebih fleksibel.

  • Menyediakan layanan berkualitas dengan tata kelola yang baik.

Selain visi dan misi di atas, PT SMI memiliki value seperti integritas, service excellence, partnership, innovation dan trust.

Proyek Infrastruktur yang Pernah Dibiayai Oleh PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur)

Sebagai Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur di Indonesia terbaik, PT SMI begitu selektif dalam biayai infrastruktur. Meski demikian, Anda tidak perlu takut untuk mengajukan pembiayaan ke PT SMI jika membutuhkan sejumlah dana untuk pengembangan proyek dan infrastruktur Anda. Sudah banyak proyek dan infrastruktur yang berhasil berkat mengajukan pendanaan di PT SMI. Jadi, Anda jangan ragu untuk mengajukan pembiayaan di perusahaan pembiayaan yang satu ini.

Di tahun 2021 silam, PT SMI membiayai telekomunikasi dan proyek air minum. Dengan kata lain infrastruktur yang dibiayai berupa konstruksi pengembangan jaringan telekomunikasi dan sistem penyediaan air minum atau SPAM yang dianggap sebagai proyek vital karena menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. SPAM yang telah dibiayai PT SMI adalah Jatigede dengan nilai proyek 2,79 triliun, SPAM Kamijoro dengan nilai proyek sekitar 334 miliar, dan SPAM Kota Pekanbaru dengan nilai 735 miliar. 

Tidak hanya itu saja, sejak 2015 hingga 2019 PT SMI telah membiayai 54 PSN atau Proyek Strategis Nasional dengan total proyek sebesar 247,2 triliun. Dari nilai proyek tersebut, nilai komitmen yang telah  dikontribusikan sebesar 45,9 triliun. Dari 54 proyek tersebut didominasi oleh pembangunan atau perbaikan jalan tol sebanyak 35 proyek yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. 

Sisanya, PT SMI membiayai proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga uap dan surya, pelabuhan, program listrik, jaringan gas bumi, irigasi, terminal, jaringan serat optik, LRT atau Light Rail Transit, rel kereta api, pelebaran jalan batas negara dan pembangunan tanggul. PT SMI juga membiayai proyek infrastruktur yang esensial seperti jalan, pasar, RSUD, akses penerangan, transportasi dan telekomunikasi.

Mengapa Harus PT SMI?

Ada beberapa alasan mengapa Anda bisa menjadikan PT SMI sebagai perusahaan pembiayaan yang tepat untuk membiayai infrastruktur atau proyek Anda. PT SMI menawarkan pembiayaan yang inovatif, unik dan fleksibel dan menjadi produk komplementer perbankan. Perusahaan yang satu ini menjadi institusi terpercaya dan mendapatkan dukungan kuat pemerintah. Anda juga tidak perlu ragu lagi mengajukan pembiayaan proyek infrastruktur ke PT SMI karena 100% saham milik Pemerintah melalui Kementerian Keuangan. 

Tidak hanya itu saja, PT SMI merupakan pionir penerbitan Green Bond di Indonesia. PT SMI merupakan perusahaan penerbit pertama di pasar modal di Indonesia dengan menggunakan standar global atau Green Bond Principles dan ASEAN Bond Standard tersertifikasi CICERO.

PT SMI merupakan lembaga pertama di Asia Tenggara yang sudah terakreditasi oleh GCF atau Green Climate Fund untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals atau SDGs dan program Climate Change.

Produk Pembiayaan yang Beragam

Ada banyak produk pembiayaan dan investasi yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan. PT SMI bekerja untuk melengkapi layanan perbankan, memberikan alternatif pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur bukan bersaing dengan lembaga keuangan.  Layanan yang diberikan pun beragam seperti pembiayaan dan investasi, jasa konsultasi, pengembangan proyek, dan kerja sama strategis.

Untuk layanan pembiayaan dan investasi ada beberapa produk yang ditawarkan seperti pembiayaan komersial, pembiayaan sektor publik, pembiayaan keberlanjutan, pembiayaan syariah, dan investasi ekuitas.  Menariknya adalah jasa konsultasi yang PT SMI berikan, akan dikembangkan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing proyek infrastruktur. 

Perusahaan pembiayaan infrastruktur di Indonesia PT SMI juga memberikan layanan jasa konsultasi yang profesional kepada investor baik dalam maupun luar negeri, misalnya konsultasi dan strategi pembiayaan, pengembangan proyek, investasi, perbaikan infrastruktur dan beberapa kegiatan lain. PT SMI memiliki konsultan keuangan dan layanan yang suap disesuaikan dengan kebutuhan setiap proyek.

Produk Jasa Konsultasi PT SMI yang bisa Anda manfaatkan adalah penasihat investasi seperti kelayakan finansial, perencanaan bisnis, dan konsultasi transaksi.  Penasihat keuangan seperti permodelan keuangan, penataan modal, restrukturisasi keuangan, merger dan akuisisi. Jasa penata keuangan seperti penggalangan dana ekuitas, penggalangan dana pinjaman, penggalangan dana menggunakan instrumen hutang atau pinjaman, baik bilateral, club deal atau sindikasi.

Yang terakhir layanan pengembangan proyek. Sebagai enabler PT SMI membantu memastikan proyek pembangunan infrastruktur mendapatkan fasilitas proyek investasi infrastruktur yang lebih baik melalui pilar pengembangan perusahaan. PT SMI mendorong dan secara aktif mendorong partisipasi badan usaha dalam pembangunan infrastruktur melalui skema Public Private Partnership. PT SMI tidak hanya fokus pada proyek PPP tapi juga membantu fasilitas proyek non-KPS dalam penyediaan infrastruktur, peningkatan kapasitas dan sosialisasi.

Membutuhkan dana besar untuk pembangunan infrastruktur? Hubungi Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur di Indonesia PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur), dengan dana yang diberikan percepatan pembangunan infrastruktur bisa segera dilakukan, yuk hubungi website PT SMI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Back to News

Other Kabar Terupdate