EN ID
Jumpa pers 11 Januari 2023
Share: https://ptsmi.co.id/cfind/source/thumb/images/content/cover_w20_h20_ic-share-fb.png https://ptsmi.co.id/cfind/source/thumb/images/content/cover_w20_h20_ic-share-twitter.png https://ptsmi.co.id/cfind/source/thumb/images/content/cover_w20_h20_ic-share-url.png

PT Medco Cahaya Geothermal Menandatangani Perjanjian Pembiayaan dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) untuk Pengembangan Proyek Panas Bumi Ijen

Jakarta, 11 Januari 2023 - PT Medco Power Indonesia (“Medco Power”) melalui anak perusahaannya, PT Medco Cahaya Geothermal (“MCG”), menandatangani Perjanjian Pembiayaan dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (“PLTP Ijen”) Ijen, dengan total kapasitas 110 MW sesuai dengan PPA-nya. Penandatanganan antara MCG dan SMI dilaksanakan di Griya Arifin Panigoro, Jenggala, disaksikan oleh Harris Geothermal Direktur Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Wiluyo Kusdwiharto, Direktur Mega Proyek dan Energi Terbarukan PT PLN (Persero), Hilmi Panigoro, Presiden Direktur PT Medco Energi Internasional Tbk, Eka Satria, Presiden Direktur Medco Power, Doron Blachar, CEO Ormat International Inc. dan Edwin Syahruzad, Direktur Utama PT SMI.

MCG, perusahaan milik bersama antara Medco Power dan Ormat Geothermal Power, akan mengembangkan dan mengoperasikan pembangkit listrik panas bumi pertama di provinsi Jawa Timur, sebagai aksi nyata dalam mendukung komitmen perubahan iklim Pemerintah Indonesia melalui transisi energi dan pengembangan energi berbasis energi terbarukan. Ijen akan dikembangkan secara bertahap, dimana pembangunan tahap pertama diharapkan menghasilkan 34 MW pada awal tahun 2025. MCG juga menandatangani dokumen proyek dengan kontraktor utama antara lain Ormat International Inc., Konsorsium PT Intikarya Persada Teknik dengan PT Multi Fabrindo Gemilang, dan PT Expan Petrogas Indonesia dalam acara ini.

Eka Satria, Presiden Direktur Medco Power mengatakan, “Penandatanganan ini menunjukkan komitmen Medco Power dalam mengembangkan energi bersih dan terbarukan untuk Indonesia, setelah selesainya PLTU Riau sebesar 275 MW dan PLTS Sumbawa sebesar 26 MWp pada tahun 2022.”

“Penandatanganan ini konsisten dengan strategi perubahan iklim kami untuk memperluas portofolio energi terbarukan menuju target nol bersih kami untuk emisi Cakupan 1 dan Cakupan 2 pada tahun 2050 dan Cakupan 3 pada tahun 2060.” ujar Hilmi Panigoro, Presiden Direktur PT Medco Energi Internasional Tbk.

Melalui sambutannya, Edwin Syahruzad, Direktur Utama PT SMI juga menyampaikan apresiasinya atas kerjasama ini. Proyek ini merupakan tonggak untuk memberikan kontribusi komitmen Indonesia dalam perubahan iklim. PT SMI juga berterima kasih kepada USAID SINAR dan Global Green Growth Institute (GGGI) atas dukungannya dalam proyek ini.

- selesai -

 

Tentang PT Medco Power Indonesia

Didirikan pada tahun 2004, Medco Power Indonesia adalah salah satu Independent Power Producer terkemuka di bawah grup MedcoEnergi. Beroperasi di bisnis IPP dan O&M, Medco Power memiliki dan mengoperasikan pembangkit listrik dengan kapasitas kotor lebih dari 3,1 GW di 15 lokasi di Indonesia. Saat ini Medco Power sedang mengembangkan proyek Ijen Geothermal di Jawa Timur, proyek pembangkit PV di Bali Barat dan Timur. Medco Power dimiliki sepenuhnya oleh PT Medco Energi Internasional Tbk.

PT Medco Energi Internasional Tbk (“MedcoEnergi”) adalah perusahaan energi dan sumber daya alam terkemuka di Asia Tenggara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (MEDC-IDX). MedcoEnergi memiliki tiga segmen bisnis utama, Minyak & Gas, Tenaga Bersih dan Pertambangan Tembaga. MedcoEnergi mengeksplorasi dan memproduksi minyak dan gas terutama di Indonesia dan memperluas kehadirannya di Asia Tenggara. Grup mengoperasikan pembangkit listrik tenaga gas, panas bumi, dan air di Indonesia melalui Medco Power Indonesia dan kepemilikan non-konsolidasi di Amman Mineral Nusa Tenggara yang mengoperasikan tambang tembaga dan emas besar di Indonesia.

 

Tentang PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) yang didirikan pada tanggal 26 Februari 2009 adalah Badan Usaha Milik Negera di bawah koordinasi Kementerian Keuangan yang berbentuk Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). PT SMI berperan dan memiliki mandat sebagai katalis percepatan pembangunan nasional.

PT SMI memiliki berbagai fungsi dan produk/fitur unik untuk mendukung percepatan pembangunan infrasruktur yang tidak hanya berfungsi sebagai pembiayaan infrastruktur tetapi juga sebagai enabler melalui pelaksanaan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang mengikutsertakan berbagai institusi keuangan baik swasta maupun multilateral. PT SMI aktif mendukung pelaksanaan KPBU dan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di daerah melalui produk pinjaman daerah.

PT SMI memiliki tiga pilar bisnis yaitu (1) Pembiayaan dan Investasi, yaitu pembiayaan terhadap proyek-proyek infrastruktur, (2) Jasa Konsultasi yaitu solusi atas kebutuhan tenaga professional dan ahli di bidang infrastruktur serta (3) Pengembangan Proyek yaitu membantu Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) untuk menyiapkan proyek infrastruktur.

 

Informasi lebih lanjut:

Ramona Harimurti
Head of Corporate Secretary

Dian Rufal
Head of Communications Unit

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)
Tel: +6221 8082 5288
Fax.: +6221 8082 5258
Email: corporatesecretary@ptsmi.co.id
www.ptsmi.co.id

 

Ibnu Nurzaman
Corporate Secretary & Head of Corporate Communication

PT Medco Power Indonesia
Tel: +6221 2995 3300
Email: CorsecMPI@medcoenergi.com
www.medcopower.co.id

Back to News

Other Jumpa pers