EN ID
SDG Indonesia One

Pemerintah Indonesia berupaya untuk mencapai SDGs dengan membentuk platform terintegrasi yang disebut "SDG Indonesia One" yang menggabungkan dana publik dan swasta (melalui blended finance) untuk disalurkan ke proyek infrastruktur terkait SDGs.

Pemerintah Indonesia berupaya untuk mencapai SDGs dengan membentuk platform terintegrasi yang disebut "SDG Indonesia One" yang menggabungkan dana publik dan swasta (melalui blended finance) untuk disalurkan ke proyek infrastruktur terkait SDGs

 

SDG Indonesia One
SDG Indonesia One adalah platform yang menyediakan 4 (empat) pilar bagi para donor dan investor; Fasilitas Pengembangan, Fasilitas De-Risking, Fasilitas Pembiayaan, dan Dana Ekuitas.
SDG Indonesia One

Dengan pengalaman bertahun-tahun mengelola berbagai dana dari lembaga donor/bilateral/multilateral dalam bentuk hibah, bantuan teknis, peningkatan kapasitas, dan dukungan Kementerian Keuangan, PT SMI memiliki kredibilitas dan dukungan untuk mempercepat, melaksanakan dan memantau proyek ini secara langsung.

SDG Indonesia One adalah platform yang menyediakan 4 (empat) pilar bagi para donor dan investor; Fasilitas Pengembangan, Fasilitas De-Risking, Fasilitas Pembiayaan, dan Dana Ekuitas. Fasilitas ini disesuaikan untuk menggalang dana untuk proyek-proyek pembangunan di Indonesia. Platform ini bertujuan untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yang dapat dicapai dengan mengembangkan proyek yang berfokus pada keberlanjutan.

Pilar pertama fasilitas Pembangunan mendorong penyiapan proyek infrastruktur di tingkat nasional dan daerah. Tujuannya adalah untuk memiliki lebih banyak proyek dalam kualitas dan kuantitas.

Pilar kedua adalah fasilitas De-risking yang bertujuan untuk meningkatkan bankability proyek infrastruktur untuk mendapatkan daya tarik dan partisipasi swasta, khususnya bank umum dan investor.

Pilar ketiga adalah fasilitas pembiayaan untuk mendorong dan merangsang pembangunan infrastruktur dan mendapatkan partisipasi dari bank umum atau investor swasta. Dana pembiayaan berperan dalam produk pembiayaan yang fleksibel dan berfungsi sebagai cara untuk menutup kesenjangan.

Pilar keempat (Equity Fund) memberikan peluang baru bagi investor swasta untuk berpartisipasi dalam proyek infrastruktur untuk membantu mencapai SDGs. Dana tersebut dapat memperkuat kapasitas modal untuk proyek baru (greenfield) dan membantu mendaur ulang aset untuk proyek yang sudah beroperasi (brownfield).

Kementerian Keuangan dan PT SMI akan membantu mewujudkan proyek pembangunan dengan mengubah kebutuhan menjadi peluang bagi banyak pihak untuk berpartisipasi dalam proyek infrastruktur terkait pencapaian SDG.

Selain itu, platform ini akan memastikan pengembangan dan dana infrastruktur tersedia sejak awal dan diimplementasikan di lapangan.

Dengan menggabungkan instrumen yang tepat, pembangunan infrastruktur dapat lebih inklusif dan berkelanjutan dengan mengelola berbagai pemangku kepentingan, mengutamakan tata kelola yang baik, dan memperhatikan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan; kita dapat mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan untuk tahun-tahun mendatang.



Lihat Portfolio Kami