EN ID
Cerita CSR 31 Maret 2023
Share: https://ptsmi.co.id/cfind/source/thumb/images/icon/cover_w20_h20_share-fb.png https://ptsmi.co.id/cfind/source/thumb/images/icon/cover_w20_h20_share-tw.png https://ptsmi.co.id/cfind/source/thumb/images/icon/cover_w20_h20_share-link.png

Terangi Puskesmas Bari dengan PLTS

Puskesmas Bari merupakan satu-satunya puskesmas yang ada di Kecamatan Macang Pacar dan melayani sebanyak 10.156 jiwa masyarakat dari 9 desa di kecamatan tersebut. Setiap bulannya, Puskesmas ini menerima pasien rawat jalan sebanyak 250 orang dan pasien rawat inap sebanyak 10 orang.

Sebagai ujung tombak dalam pelayanan Kesehatan masyarakat setempat, Puskesmas Bari belum bisa memberikan pelayanan kesehatan yang optimal karena faktor ketiadaan akses listrik secara stabil di malam hari.

Oleh karena itu, PT SMI melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) memberikan bantuan berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk Puskesmas Bari yang terletak di Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Bantuan PLTS ini diresmikan secara langsung oleh Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi pada (01/03).

Bantuan ini merupakan hasil kolaborasi PT SMI bersama Yayasan Pelita Khatulistiwa melalui gerakan Patungan Listrik, sebuah gerakan crowdfunding pembangunan akses listrik dengan energi terbarukan di Puskesmas dan desa yang memiliki keterbatasan akses listrik 24 jam.

Dengan adanya PLTS ini diharapkan dapat membantu Puskesmas Bari meningkatkan pelayanan kesehatannya untuk masyarakat, khususnya penanganan darurat di malam hari yang membutuhkan sumber listrik untuk penerangan.

Selain itu PLTS ini juga untuk mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Terang, yaitu program penyediaan energi listrik dari pemerintah yang digagas oleh Kementerian ESDM, serta untuk mendukung upaya pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

Back to News

Other Cerita CSR