EN ID
Kabar Terupdate 20 Juni 2022
Share: https://ptsmi.co.id/cfind/source/thumb/images/content/cover_w20_h20_ic-share-fb.png https://ptsmi.co.id/cfind/source/thumb/images/content/cover_w20_h20_ic-share-twitter.png https://ptsmi.co.id/cfind/source/thumb/images/content/cover_w20_h20_ic-share-url.png

Pentingnya Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

Sudah tahukah Anda pentingnya pembangunan infrastruktur di Indonesia? Jika belum jangan buru-buru skip artikel ini ya! Kalimat pembangunan infrastruktur tentu sudah sering terdengar. Hanya saja masih sedikit orang yang tahu dan paham apa itu pembangunan infrastruktur tersebut dan apa dampaknya untuk Indonesia. 

Sebagai negara kepulauan dengan populasi paling banyak, geografis Indonesia inilah yang menjadi tantangan bagi pemerintah untuk bisa memeratakan pembangunan. Pemerintah harus memiliki kebijakan yang baik untuk mendukung pembangunan infrastruktur tersebut demi mendukung aktivitas ekonomi di Indonesia. Nah, untuk mengetahui pentingnya pembangunan infrastruktur di Indonesia yuk simak beberapa informasi menarik di bawah ini!

Latar Belakang dan Pentingnya Pembangunan Infrastruktur

Yang menjadi latar belakang pembangunan infrastruktur di Indonesia adalah kondisi geografis Indonesia itu sendiri. Mengapa demikian? hal itu karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas. Untuk mendukung mobilisasi dan meningkatkan perekonomian dibutuhkan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.

Seberapa penting pembangunan infrastruktur di Indonesia tersebut? Jawabannya sangat penting.  Hal itu karena pembangunan infrastruktur mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Pembangunan di berbagai sektor memiliki efek yang signifikan terhadap pengembangan wilayah. Selain itu, pembangunan yang dilakukan bisa memberikan nilai tambah industri dan menciptakan kesempatan lapangan kerja baru. 

Presiden Jokowi sendiri mengungkapkan bahwa daya saing produk Indonesia akan sulit berkompetisi dengan negara lain jika infrastruktur yang dimiliki Indonesia tidak baik. Salah satu infrastruktur yang bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi adalah dari segi transportasi seperti jalan tol. Selama lebih dari 40 tahun pembangunan tol mulai dilakukan. Sayangnya ruas jalan tol yang dibangun tidak bertambah secara signifikan.

Tujuan Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

Setelah Anda tahu seberapa penting pembangunan infrastruktur di Indonesia, ada baiknya Anda tahu apa yang menjadi tujuan pembangunan infrastruktur tersebut. Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai pemerintah dengan menggalakkan pembangunan infrastruktur seperti meningkatkan konektivitas, merangsang pertumbuhan ekonomi di berbagai wilayah di tanah air. 

Tidak hanya itu saja, pembangunan infrastruktur yang terus digalakkan ini menjadi wujud keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Jadi, pembangunan yang digalakkan pemerintah tidak hanya di Pulau Jawa saja, namun merata ke seluruh daerah di Indonesia. Dengan infrastruktur yang baik mobilitas barang bisa semakin mudah dan membuat harga bahan pokok produk atau barang menjadi lebih terjangkau.

Peran Pembangunan Infrastruktur Dalam Kemajuan Indonesia

Pembangunan infrastruktur di Indonesia mampu mendorong kemajuan Indonesia ke arah yang lebih baik.  Bahkan pembangunan infrastruktur menjadi prioritas bagi sebuah negara. Dengan adanya pembangunan infrastruktur yang baik mampu meningkatkan produktivitas dan daya saing negara.

Pengembangan infrastruktur yang baik dan merata mampu menghemat biaya mendirikan pabrik. Biasanya lokasi industri telah disediakan pemerintah, hal tersebut membuat perusahaan bisa mendapatkan tempat operasi dengan harga yang lebih murah dan pembangunan pabrik bisa berjalan lebih efisien. Bahkan infrastruktur yang baik juga mampu meningkatkan efisiensi operasi perusahaan. 

Infrastruktur yang baik juga mampu melancarkan distribusi dan mobilitas barang. Baik itu operasi saat pengangkutan bahan mentah maupun barang akhir. Waktu yang lebih singkat dan efisien membuat harga produk menjadi kompetitif tidak terlalu mahal. Bisa dibayangkan jika infrastruktur buruk tentu akan membuat operasional menjadi tidak lancar. Hal tersebut membuat harga produk menjadi mahal dan tidak kompetitif.

Meningkatnya infrastruktur transportasi di suatu wilayah juga membuat peningkatan sarana dan prasarana menjadi lebih merata. Saat pemerataan berjalan dengan baik, tidak ada lagi yang namanya wilayah tertinggal, kemiskinan di suatu wilayah menjadi lebih teratasi. Selain transportasi, infrastruktur dalam komunikasi juga perlu diperbaiki. Dengan meningkatkan pembangunan dalam bidang transportasi dan komunikasi, kesenjangan tidak akan terjadi. 

Selain itu, infrastruktur tidak hanya meliputi sudut pandang suplai saja. Namun juga dilihat dari pelayanan yang diberikan. Jika dilihat secara luas infrastruktur ini bisa dikategorikan dalam fisik, sosial dan finansial. Untuk kemajuan negara Indonesia harus bisa menyeimbangkan ketiga infrastruktur tersebut. Simak pengertian masing-masing infrastruktur tersebut di bawah ini!

  1. Infrastruktur Fisik

    Infrastruktur yang satu ini bisa meningkatkan kemajuan Indonesia karena mampu membuat mobilitas menjadi lebih baik. Salah satu wujud infrastruktur fisik adalah transportasi seperti rel kereta, jalan dan sebagainya. Kontribusinya berupa percepatan pertumbuhan ekonomi dengan mengurangi biaya transaksi.

  2. Infrastruktur Sosial

    Infrastruktur sosial mampu membuat Indonesia lebih maju. Caranya melalui pengayaan SDM dalam hal pendidikan, kesehatan, dan sebagainya. Dengan kualitas sumber daya manusia yang semakin meningkat diharapkan Indonesia semakin maju dibandingkan sebelumnya.

  3. Infrastruktur Finansial

    Infrastruktur finansial merupakan kerja sama dengan perbankan, pajak finansial negara dan pos. Keberadaan infrastruktur yang satu ini penting dalam meningkatkan pembangunan ekonomi dan sosial.

Peran PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur) sebagai Katalis Pembangunan Infrastruktur

Membicarakan pembangunan infrastruktur ingatan dan pemikiran langsung tertuju pada PT SMI. Apa itu? PT SMI merupakan Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur yang kredibel dan terbaik di Indonesia. Sudah banyak proyek infrastruktur di Indonesia yang dibiayai oleh PT SMI. Dengan pembiayaan yang diberikan, pembangunan infrastruktur bisa lebih cepat sehingga pertumbuhan ekonomi juga semakin cepat.

Dalam pembangunan infrastruktur nasional tersebut, PT SMI memiliki berbagai macam peran yang menakjubkan yaitu menciptakan produk untuk mengisi market gap dan menjadi katalis pembiayaan infrastruktur, municipal financing yaitu pembiayaan kepada Pemda untuk mengakselerasi pembangunan daerah. 

Peran PT SMI selanjutnya adalah mempromosikan investasi melalui pemberian jasa konsultasi, pengembangan proyek KPBU dan kapasitas bangunan. Selanjutnya masuk ke dalam penyertaan modal dari proyek infrastruktur atau pembiayaan ekuitas. 

Tidak cukup sampai disitu saja, PT SMI juga menerbitkan green bond korporasi pertama di Indonesia untuk keperluan pembiayaan green financing. Selanjutnya SDG Indonesia One, yaitu integrated platform yang digunakan mendanai proyek dengan orientasi SDG yang terdiri dari proyek development, derisking, financing and investment.

Peran terakhir adalah dukungan kepada program PEN, Research and knowledge produk. PT SMI mendukung pelaksanaan investasi pemerintah untuk menyelamatkan BUMN dalam rangka PEN dan menyalurkan pinjaman kepada daerah yang terkena dampak Covid-19. PT SMI juga menghasilkan produk ekonomi berkualitas untuk mendukung pemberian pembiayaan.

Ada beberapa penyiapan proyek KPBU yang didalamnya terdapat peran PT SMI seperti SPAM Umbulan, SPAM Lampung, SPAM Semarang Barat. PT SMI juga berperan dalam proyek telekomunikasi seperti Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah dan terakhir Palapa Ring Paket Timur.

Butuh Dana Infrastruktur? Pilih PT SMI Aja!

Salah satu hambatan yang menyebabkan infrastruktur tidak bisa berjalan maksimal adalah sumber pembiayaan terbatas yang hanya bergantung pada APBN dan APBD saja. Terlebih lagi pembangunan infrastruktur daerah belum merata. Oleh sebab itu, untuk mempercepat pembangunan infrastruktur daerah maupun nasional Anda bisa mengajukan pembiayaan ke PT SMI. 

Ada banyak produk dan layanan yang bisa Anda dapatkan dan manfaatkan. Layanan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.  Layanan yang bisa Anda dapatkan pembiayaan dan investasi, jasa konsultasi dan terakhir adalah pengembangan proyek. Ketiga layanan tersebut juga menjadi pilar bisnis PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur).

Demi mewujudkan pembangunan infrastruktur di Indonesia lebih baik, yuk hubungi PT SMI sekarang juga, lihat dan pilih produknya melalui link ini ya!

Back to News

Other Kabar Terupdate